2 Alasan Untuk Minum Sambil Berdiri Di Siang Hari




Banyak tulisan dan ulasan berkenaan bahayanya minum air sambil berdiri. Dan mereka melakukan generalisasi pemahaman sehingga mengatakan bahwa secara mutlak minum sambil berdiri adalah sangat bahaya. Bahkan sebagian mereka membawa-bawa hadis Nabi saw.

Memang, terdapat hadis yang melarang minum sambil berdiri. Tapi, pelarang tersebut hanya ketika malam hari. Hal itu dipahami dengan adanya riwayat lain yang dibawa Ahlulbait as. Dikutip dari http://www.islamquest.net/id/:


A. Imam Shadiq As bersabda, “Meminum air sambil berdiri pada malam hari akan menyebabkan penyakit kuning pada badan.”

B. Imam Shadiq As bersabda, “Meminum air sambil berdiri pada siang hari akan menyebabkan banyaknya keringat dan bertambahnya energi pada badan.”

C. Imam Shadiq As bersabda, “Berdiri meminum air pada siang hari akan melezatkan makanan dan berdiri meminum air pada malam hari akan menyebabkan penyakit kuning.”


Juga terdapat tulisan yang bisa dipertanggung jawabkan, yang menjelaskan bahwa penjelasan medis dalam bahayanya minum sambil berdiri tidaklah benar. 

Seperti yang dikutip di detik.com atau kompasiana.com.

Jadi, ada 2 alasan untuk mengatakan bahwa jika siang hari maka tidak masalah minum sambil berdiri;

1. Adanya riwayat yang menjelaskan maksud dari pelarangan minum sambil berdiri.

2. Adanya sumber medis yang mengatakan bahwa minum sambil berdiri tidak membahayakan ginjal sebagaimana disampaikan banyak orang. 

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Meredakan Sakit Kepala

4 Resep Supaya Sehat Selalu