5 Cara Meredakan Sakit Kepala



Sakit kepala termasuk penyakit yang umum kita alami. hampir semua orang atau bahkan setiap orang pernah mengeluhkan rasa sakit di kepala. 


banyak macam jenis keluhan sakit dikepala. mulai dari penyakit ringan sampai gejala penyakit berat. apalagi sakit kepala terus-terusan yang tak kunjung berhenti dalam waktu yang lama, perlu para ahli untuk mengobatinya. 


sebab keluhan sakit di kepala juga bermacam-macam. untuk mengkalifikasi pada setiap kasus dibutuhkan keahlian dokter atau orang yang berkompeten.


dalam mengambil langkah pengobatan juga demikian. terdapat berbagai macam obat sakit kepala yang bisa kita dapatkan. namun, sebaiknya dikonsultasikan bersama orang yang ahli jika kita tidak memiliki pengetahun dalam obat-obatan. supaya kita bisa menemukan solusi yang tepat dalam waktu singkat.


dari berbagai macam keluhan sakit kepala, secara umum solusinya kita bisa dapatkan dalam literatur islam. berikut 5 Cara Meredakan Sakit Kepala yang diambil dari literatur islam;


1. Membasuh kepala dengan khotmi (jenis tanaman hibiscus)




Ja'far al-shodiq berkata: membasuh kepala dengan khotmi merupakan jalan aman dari sakit kepala.



jenis tanaman hibiscus ini menjadi pembersih kepala yang terkenal zaman itu. bisa membersihkan kepala dan rambut dengan baik. memberikan aroma segar yang menyehatkan. sebagian sakit kepala muncul karena kecapekan, kurang tidur, habis sakit, atau kepala kurang bersih. membersihkan kepala dengan khotmi atau shampoo bisa meredakan keluhan ini.



2. Minum air hangat

Nabi saw jika berbuka puasa beliau memulai dengan makanan manis, jika tidak ada maka kurma, dan jika tidak ada maka air hangat. beliau berkata: air hangat membersihkan lambung dan usus, serta menghilangkan sakit kepala.



kalau kita melihat manfaat air hangat maka kita akan mendapati banyak sekali manfaatnya. anda bisa mencarinya di internet. salah satunya adalah meredakan sakit kepala. baik itu sakit kepala karena kondisi badan terganggu atau sakit kepala karena beban pikiran yang berat. hal itu bisa diredakan dengan air hangat dan kesegaran pagi.



3. Membasuh kaki dengan air dingin.



Nabi saw bersabda: membasuh kaki dengan air dingin setelah keluar dari kamar mandi adalah pengaman dari sakit kepala.



dalam http://manfaat.co.id/manfaat-rendam-kaki-dengan-air-dingin disebutkan juga bahwa merendam kaki dengan air dingin (es) selama kurang lebih sepuluh menit dapat merubah tekanan darah ke otak sehingga mengurangi sakit kepala. 


membasuh kaki dengan air dingin setelah dari kamar mandi atau merendam kaki dengan air es bisa membantu meredakan sakit kepala.


4. Bekam


diriwayatkan bahwa ketika salah satu sahabat mengeluhkan sakit kepala kepada Nabi saw, beliau bersabda: pergilah untuk bekam.


bekam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. namun, perlu diperhatikan aturan-aturannya karena bekam juga memiliki efek samping. salah satu manfaat bekam adalah menyembuhkan penyakit kepala. ini dilakukan dengan bekam di kepala.

5. Makan ikan segar

Ali al-ridho berkata: barang siapa yang khawatir terkena sakit kepala sebelah (migrain) dan sakit perut (karena angin) maka hendaknya segera makan ikan segar di musim panas maupun musim dingin. 


dalam situs http://www.khasiat.co.id/ikan/segar.html diterangkan bahwa ketika seseorang stress dan depresi maka kimia otak akan berubah. perubahan kimia otak ini bisa memicu sakit kepala. sekalipun otak itu sendiri tidak bisa merasakan sakit, tapi perubahan kimia ini bisa memicu sakit kepala. nah, ikan segar mampu menormalkan kembali kimia otak sehingga akan menurunkan dampak stress dan depresi.

demikianlah 5 solusi sederhana untuk meredakan sakit kepala yang kita temukan dalam literatur islam. 

Comments

Popular posts from this blog

2 Alasan Untuk Minum Sambil Berdiri Di Siang Hari

4 Resep Supaya Sehat Selalu