4 Makanan Ini Bikin Pembuluh Darah Sehat


Pembuluh darah adalah bagian vital dalam tubuh manusia yang bekerja sama dengan jantung. banyak fakta menakjubkan mengenai pembuluh darah. semisal panjangnya yang mencapai sekitar 60.000 mil (96.540 km) dalam tubuh manusia. dan jantung memompa sekitar setara dengan 2.000 galon perharinya ke semua pembuluh darah.

kesehatan pembuluh darah adalah hal penting yang harus diperhatikan. karena bisa menyebabkan penyakit; anemia (kekurangan darah), varises (gangguan atau hambatan pada pembuluh vena), hipertensi (tekanan darah tinggi), hipotensi (tekanan darah rendah), jantung koroner, gagal jantung. bahkan penyakit leukemia (kanker darah) masih berhubungan dengan kesehatan pembuluh darah. 

Nabi saw bersabda: dalam tubuh anak Adam terdapat 360 pembuluh darah. 180 adalah bergejolak dan 180 lainnya adalah tenang. jika yang bergejolak menjadi tenang maka manusia tidak akan bertahan hidup, dan jika yang tenang menjadi bergejolak maka manusia akan mati. 

setelah browsing lama, saya tidak menemukan jumlah pembuluh darah yang diklaim secara ilmiyah. mungkin info yang saya cari belum ada atau belum ketemu. setidaknya mengenai pembuluh darah yang bergerak dan tenang mungkin yang dimaksud adalah sistem sirkulasi sistemik (yang mengalirkan darah dengan cepat) dan sistem sirkulasi paru (yang mengalirkan darah lebih lambat).

pembuluh darah yang bergejolak (sistem cepat) membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga jika melambat maka tubuh manusia tidak akan bertahan lama. sedang pembuluh darah yang tenang (sistem lambat) membawa darah kotor dari jantung ke paru-paru, sehingga jika bergejolak dengan cepat maka bisa meracuni anggota tubuh.

Berikut adalah 4 makanan yang bikin pembuluh darah sehat:

1. Terong

Ja'far al-shodiq as: perbanyaklah makan terong ketika memanen kurma (makan kurma). karena itu bisa menyembuhkan berbagai penyakit. menambah kesegaran wajah. melembutkan pembuluh darah. dan menambah cairan sulbi.

terong bisa menstabilkan tekanan darah dan menyehatkan jantung. menjegah penuaan dini, membuat kulit bersinar dan melembabkan kulit kepala.

2. Daun ocimum basillicum (kemangi, selasih)

Ja'far al-shodiq as: daun kemangi merupakan sayuran para nabi. dan memiliki 8 manfaat: membuka pembuluh darah yang tersumbat, ... (manfaat lainnya kita akan bahas terpisah)

sayuran yang satu ini bukan hanya pelengkap hidangan kita. namun juga bermanfaat bagi kesehatan.

3. Buah tin


Ali as: memakan buah tin bisa memperlancar peredaran darah.

buah ini banyak dikenal orang manfaatnya. mereka mengkajinya ketika menafsirkan ayat suci yang menyinggung buah ini. dan salah satu manfaatnya adalah memperlancar peredaran.

4. Tebu

Musa al-Kadzim as: tebu bisa membuka saluran yang tersumbat. tidak mengandung penyakit dan tidak pula racun.

sungguh menakjubkan, tanaman yang kita lihat di indonesia sebagai tanaman normal disebut dalam liratur islam sebagai tanaman yang bermanfaat bagi saluran darah. 

kandungan protein air tebu membantu ginjal menyaring semua cairan termasuk darah dan ginjal. dan air tebu AMAN bagi penderita DIABETES.


info tambahan:

5. Puasa

Nabi saw bersabda: berpuasalah kalian. karena puasa mencegah pendarahan berlebih

6. Makan malam

Ja'far al-Shodiq as: janganlah kalian tinggalkan makan malam walau sekedar tiga suap dengan garam (walau sesuap roti atau segelas air). barang siapa yang meninggalkan makan malam maka pembuluh darahnya bisa tidak berfungsi selamanya.

jagalah kesehatan pembuluh darah kita. semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

2 Alasan Untuk Minum Sambil Berdiri Di Siang Hari

5 Cara Meredakan Sakit Kepala

4 Resep Supaya Sehat Selalu