4 Hal Yang Menjauhkan Penyakit Gila



Pada umumnya, orang memahami penyakit gila sebagai gangguan kejiwaan yang menyebabkan seseorang tidak hidup normal seutuhnya. orang yang telanjang di jalan-jalan tanpa peduli, orang yang ngomong sendiri setiap saat, dan banyak contoh lainnya. namun sebenarnya, penyakit gila juga memiliki gejala-gejala ringan yang sering dialami banyak orang atau bahkan hampir semua orang.


kalau kita jelajahi sumber-sumber terpercaya di internet, maka kita bisa temukan puluhan gejala penyakit gila. mulai dari yang ringan sampai yang berat. diantaranya adalah

1. fobia, gangguan kecemasan berlebih dalam perkara tertentu.
2. paranoid.
3. antisosial.
4. depresi.
5. kleptomania (suka mencuri barang sederhana).
6. piromania (suka menyulut api).
7. kecanduan berat.
8. halusinani dan delusi.
9. anoreksia nervosa, ketakutan abnormal terhadap berat badan yang menyebabkan tidak mau makan.
10. somatoform, merasa nyeri atau sakit pada tubuh sekalipun dokter ahli tidak menemukan gangguan medis apapun. 
11. gangguan identitas gender.
12. disfungsi seksual, tidak menikmati aktifitas seks.
13. orientasi seksual sesama jenis.
14. psikopat.
15. self injury, melukai diri sendiri sebab emosi tertentu.
16. multiple identity disorder, terbentuknya dua kepribadian atau lebih.


menurut http://www.alodokter.com/sakit-jiwa-ternyata-ada-banyak, faktor-faktor yang menjadi gangguan mental ini diantaranya adalah:


  • Senyawa kimia alami pada otak yang bernama neurotransmiter memegang peranan penting bagi kesehatan mental seseorang. Perubahan reaksi kimia ini dapat berdampak kepada mood dan berbagai aspek kesehatan mental.
  • Memiliki keluarga sedarah dengan riwayat sakit jiwa. Gen-gen tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami sakit jiwa. Kemunculannya dapat terpicu oleh persoalan hidup yang mungkin saja sebelumnya dialami penderita sakit jiwa.
  • Paparan virus, racun, minuman keras, dan obat-obatan saat berada dalam kandungan dapat dihubungkan dengan penyebab sakit jiwa.
  • Pada beberapa kasus, ketidakseimbangan hormon dapat berpengaruh kepada kesehatan mental.
  • Mengalami kejadian traumatis, seperti pernah mengalami pemerkosaan atau menjadi korban bencana alam.
  • Menggunakan obat-obatan terlarang.
  • Menjalani kehidupan yang penuh tekanan, seperti kesulitan keuangan, perceraian, atau kesedihan akibat adanya anggota keluarga yang meninggal.
  • Mengalami penyakit kronis, seperti kanker.
  • Mengalami kerusakan otak.
  • Memiliki sedikit atau bahkan tidak punya teman dan merasa sendiri.
  • Pernah mengalami sakit jiwa sebelumnya.

bila dilihat-lihat, maka gangguan mental adalah penyakit yang sering kita jumpai dalam kehidupan. namun, dalam tingkat yang begitu rendah atau bahkan wajar dengan pola kehidupan yang demikian berat. bagaimanapun juga, penyakit tetaplah harus dihindari. 

dalam literatur islam, kita menemukan solusi untuk mengatasi gejala ini. simaklah ulasan berikut:

1. Garam


Nabi saw bersabda: wahai Ali, mulailah makanmu dengan garam dan tutuplah dengan garam pula. barang siapa yang memulai makannya dengan garam dan menutupnya dengan garam maka dia akan selamatkan dari 72 jenis penyakit. diantaranya; kusta, kegilaan, dan belang. 

garam memiliki banyak manfaat. salah satunya adalah menyehatkan dan mencegah penyakit. kekurangan Yodium yang dikandung garam bisa menyebabkan gangguan ke otak. sehingga seorang anak akan lahir atau tumbuh dengan kelainan otak. bahkan bisa juga menyebabkan kepikunan bagi orang dewasa. 




dalam situs http://www.firgoos.com/2015/11/cara-ampuh-mengatasi-stres-dengan-dua-bahan-ini.html disebutkan bahwa campuran gula dan garam dapat mengurangi stres. 



2. Bunga Narjis (narcissus/dafodil) 

Nabi saw bersabda: ciumlah aroma bunga narjis walau sekali dalam sehari, atau sekali dalam seminggu, atau sekali dalam sebulan, atau sekali dalam setahun, atau sekali dalam seumur hidup. karena dalam jantung terdapat benih kegilaan, lepra, dan penyakit belang. dan mencium aroma bunga narjis dapat menolaknya. 



Putiknya bersifat panas stabil dan lembut, berkhasiat mengobati pilek dingin, memiliki daya kontaminasi yang tinggi, mampu membuka sumbatan otak dan hidung, mengobati lendir dan unsur hitam, tapi membuat pusing kepala yang sudah panas. 

Bijinya yang keras, jika dikeluarkan lalu ditanam akan tumbuh berlipat ganda. Orang yang terbiasa mencium baunya pada musim semi akan terhindar dari penyakit suka mengigau pada musim panas. Juga berkhasiat mengatasi sakit kepala akibat riak dan kebanyakan riak dan kebanyakan enzim. Bunga ini memiliki bau harum yang dapat memperkuat jantung dan otak serta mengobati banyak penyakit. 

Penulis At-Taisir mengatakan, “Jika dihirup, bunga ini dapat mengobati penyakit epilepsi pada anak-anak.” dikutip dari kitab Tibbun Nabawi karya Ibnu qoyyim al-jauzi.

3. Memotong kuku dan memendekkan kumis.


Ja'far shodiq berkata: pendekkanlah kukumu dan kumismu di setiap jum'at. jika tidak ada kewajiban setidaknya hal tersebut membuatmu tidak terkena gila, lepra, dan penyakit belang. 

kuku yang tidak terawat dan kumis yang berantakan bisa menyebabkan makanan dan minuman kita menjadi kotor dan sarang penyakit. setidaknya hal ini sangat jelas bagi kita semua. 

4. Air liur yang keluar dari bayi.


Ja'far shodiq berkata: adapun air liur yang keluar dari mulut bayi, yang sekiranya tidak keluar maka dapat menyebabkan perkara besar. seperti yang kamu lihat kebanyakan orang yang tidak dapat mengeluarkan cairan tersebut dari tubuhnya terkena kelainan otak dan rendahnya intelektual. 

mereka yang tidak memahami hikmah dari selalu keluarnya air liur dari bayi akan mengeluh. namun sebenarnya terdapak rahmat ilahi yang besar dalam hal tersebut. setidaknya ini mengajarkan kepada kita bahwa banyak dari kesusahan adalah jalan menuju keselamatan yang lebih besar.

Comments

Popular posts from this blog

2 Alasan Untuk Minum Sambil Berdiri Di Siang Hari

5 Cara Meredakan Sakit Kepala

4 Resep Supaya Sehat Selalu