3 Perbuatan Yang Merusak Kesehatan


Ja'far al-shodiq as berkata: tiga hal yang bisa merusak badan, bahkan bisa menyebabkan kematian; memakan dendeng yang sudah busuk, mandi dalam keadaan perut kenyang, dan berhubungan badan bagi yang sudah tua.


Banyak hal yang bisa mengganggu kesehatan kita. dan diantaranya terdapat perbuatan yang dianggap sepele, namun sangat merugikan kesehatan. saya akan tulis penjelasan berkenaan perbuatan yang sudah menjadi biasa tersebut padahal berbahaya.

3 perbuatan yang merusak kesehatan:

1. Makan daging busuk

2. Habis makan langsung mandi

3. Bersetubuh yang berlebihan bagi yang sudah tua

1. Makan daging busuk

secara umum, memakan makanan yang sudah basi atau expired dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. keracunan makanan adalah salah satu akibat dari mengkonsumsi makanan yang sudah basi. mereka yang menderita keracunan makanan maka bisa muntah, mual, diare, kram otot perut, demam, dan dehidrasi. tidak heran jika pemerintah melarang penjualan konsumsi yang sudah lewat tanggal expired. 

diantara makanan basi, daging yang sudah busuk termasuk yang paling membahayakan. daging yang masih segar saja mengandung kuman dan bakteri, apalagi yang sudah tidak segar dan busuk. maka akan menjadi sarang kuman dan bakteri.

sangat disayangkan, tidak sedikit orang yang menjual daging busuk. mereka kelabui para pembeli dengan memberikan obat-obatan semisal formalin pada daging. kasus daging yang berformalin sudah banyak bahkan sampai sekarang masih terjadi. 

berhati-hatilah dalam memilih daging di pasaran. dan juga perlu waspada ketika membeli makanan dengan bahan daging di tempat umum. karena bisa jadi daging yang mereka pakai sudah tidak bagus. hal ini sangat umum sekali dan bahayanya bisa sampai pada kematian.

2. Habis makan langsung mandi.

perbuatan yang satu ini sering dilakukan oleh banyak orang. khususnya ketika berenang. biasanya anak-anak melakukan hal ini, karena mereka kurang bisa mengatur waktu. sehingga makan terus mandi sering mereka lakukan.

berikut adalah 6 bahaya langsung mandi setelah makan yang ditulis di http://halosehat.com/gaya-hidup/kebiasaan-buruk/bahaya-habis-makan-langsung-mandi :

1. melemahnya proses pencernaan
2. terganggunya fungsi pencernaan dan sistem lambung
3. sirkulasi darah terganggu
4. kram pada perut
5. tersumbatnya aliran darah (pemicu stroke)
6. obesitas / bertambah gemuk

ingat, hal ini juga berlaku pada berenang. mungkin dampaknya tidak spontan, tapi bahaya yang ditimbulkan tidak sepele. pahamkanlah orang-orang yang anda cintai berkenaan hal ini.

3. Bersetubuh yang berlebihan bagi yang sudah tua

peringatan bagi usia mereka yang sudah lanjut. tentunya banyak juga yang faham akan bahaya melakukan hal ini. namun, bukan berarti melakukanya adalah terlarang. disini maksudnya adalah memberi peringatan supaya tidak memaksakan atau tidak berlebihan. 


Comments

Popular posts from this blog

2 Alasan Untuk Minum Sambil Berdiri Di Siang Hari

5 Cara Meredakan Sakit Kepala

4 Resep Supaya Sehat Selalu