4 Resep Supaya Sehat Selalu


Ali as berkata kepada anak beliau: wahai anakku, maukah kamu aku ajari empat perkara yang bisa menjadikanmu tidak membutuhkan dokter? anaknya berkata: iya, wahai Amirul mukminin. beliau berkata: janganlah kamu menyantap makanan melainkan dalam keadaan lapar, janganlah berhenti makan melainkan dalam keadaan kamu masih menghendaki makan, kunyahlah makanan dengan sempurna, dan jika kamu hendak tidur maka hendaknya buang air terlebih dahulu.


4 resep supaya kita selalu dalam keadaan sehat:

1. Pola makan yang teratur. ketika kita makan hendaknya tidak dalam keadaan yang masih kenyang. 


2. Porsi makan yang tidak berlebihan. diusahakan berhenti makan ketika sudah merasa cukup.

3. Cara makan yang benar. 

4. Buang air secara teratur. khususnya ketika menjelang tidur. diusahakan perut tidak kekeyangan ketika tidur. 


Dan dalam riwayat lain terdapat tambahan "berjalanlah setelah makan malam". ini dengan tujuan tidak tidur dalam perut kenyang. 

Dalam sebuah ulasan di https://steptohealth.com/better-sleep-full-empty-stomach/ disebutkan:


Eating a lot and going to bed right away not only causes you to be overweight but also acidity, that feeling of “fire” in your stomach, problems with falling asleep, nightmares, etc. But be careful, because dinner by itself doesn’t make you fatter. It depends on the amount and the food that you eat at night. Nutritionists say that it’s best to stop eating carbohydrates at least four hours before going to bed and to wait at least two hours between dinner and bedtime.
Your metabolism is slower at night. Digestion takes longer. This causes gas because of the increase in food fermentation in the intestines, etc. Resting after you eat is necessary but it is not the same as sleeping. Sit comfortably on the sofa to talk, read, or watch television before going to bed.

Bisa dibilang menjaga perut adalah kunci kesehatan.

Selain menjalankan resep ini, perlu diketahui juga bahwa kita harus menjaga diri dari hal-hal yang menyebabkan penyakit. akan percuma jika kita mengamalkan resep ini tapi tidak menjaga diri dari sebab-sebab terjadinya penyakit. 

Hal-hal yang bisa menyebabkan sakit begitu banyak. semisal makan sembarangan. tidak peduli apa yang dimasukkan dalam perutnya, apa itu beresiko penyakit atau tidak. memaksa tubuh kerja ekstra sehingga mengalami kelelahan dan daya tahan tubuh turun. memaksakan diri dalam kondisi yang tidak normal semisal dingin sekali, atau panas sekali, atau hujan atau berada di tempat kotor.

Masih banyak hal lain yang harus kita perhatikan dalam menjaga kesehatan. tentunya bukan berarti kita tidak boleh melakukan banyak aktifitas bermanfaat.

Sehat dan sakit adalah akibat dari banyak rantai sebab akibat. tidak menjalankan 4 Resep Supaya Sehat Selalu  ini akan mengakibatkan kita rentan terkena penyakit dan kesehatan bisa menurun.

Dalam tulisan-tulisan berikatnya kita akan bahas banyak hal yang berkaitan dengan kesehatan. hal-hal yang menyebabkan sakit, yang menyehatkan, dan sumber-sumber penyakit sekaligus penyembuhnya.

Pilihlah apa yang hendak kalian lakukan dengan bijak. semoga sehat selalu.

Comments

Popular posts from this blog

2 Alasan Untuk Minum Sambil Berdiri Di Siang Hari

5 Cara Meredakan Sakit Kepala