4 Sebab Umur Panjang


Nabi saw besabda: barang siapa yang menginginkan hidup lama - dan tidak ada yang kekal - maka hendaknya mempersegera makan siang, mengenakan alas kaki dengan benar, memperingan beban, mempersedikit berhubungan dengan istri. 
beliau ditanya: wahai Rosulullah, apa itu memperingan beban?
beliau menjawab: mempersedikit hutang.


Banyak orang yang berharap bisa berumur panjang dan sehat. namun, jumlah mereka yang berharap cepat meninggal juga tidak sedikit. lantaran mereka mengalami kehidupan yang tidak sanggup mereka tanggung. umur panjang akan menjadi impian jika bisa menikmati kehidupan. banyak orang meneliti faktor-faktor umur panjang. bahkan sebagian mereka bermimpi menemukan formula untuk kekekalan di dunia. 

penelitian-penelitian dalam sebab umur panjang telah memberikan hasil yang cukup bermanfaat. diketahui terdapat banyak faktor dalam umur panjang. islam sudah dari awal memberikan kontribusi dalam mengungkap rahasia dibalik umur panjang. tulisan ini hanya menyampaikan empat saja dari puluhan bahkan ratusan faktor. 

4 sebab umur panjang:

 1. mensegerakan makan siang

 2. mengenakan alas kaki dengan benar

 3. melepaskan diri dari hutang

 4. mempersedikit hubungan sex


1. mensegerakan makan siang

makan siang adalah inti dari sumber energi buat aktifitas seharian. karenanya tidak boleh telat atau kurang. jika telat atau kurang maka tenaga yang digunakan terpaksa diambil dari badan. menjadikan badan mudah lelah dan murung, metabolisme melambat, kram perut, radang lambung, bahkan stress.

mari kita lihat apa kata para ahli. di http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/10/hati-hati-ini-bahayanya-apabila-kita-telat-makan  kita bisa mengetahui bahaya dari telat makan. 

sayangnya sebagian orang menganggap makan siang agak sore adalah bagus buat program diet. padahal diet tidak harus telat makan siang dan telat makan siang pasti berbahaya. maka dari itu, bagi mereka yang menjalankan program diet hendaknya tetap menjaga makan siang dengan benar. dalam situs https://consumer.healthday.com/vitamins-and-nutrition-information-27/food-and-nutrition-news-316/late-lunch-may-mean-less-weight-loss-672922.html disebutkan:

TUESDAY, Jan. 29, 2013 (HealthDay News) -- People who like to eat lunch late in the afternoon may have more trouble shedding pounds than those who dine earlier, a new study suggests.
Researchers found that of 420 people in a weight-loss program, the late-lunch crowd lost about 25 percent less weight than those who usually lunched before 3 p.m.
The findings, reported Jan. 29 in the International Journal of Obesity, come with caveats. The researchers cannot be sure that a late lunch itself thwarts people's diets. And the study participants were from Spain, where lunch is the biggest meal of the day.
It's not clear if the findings would translate to a country like the United States, where most people eat a lighter lunch and save their main meal for dinner, said senior researcher Frank Scheer, an assistant professor of medicine at Harvard Medical School in Boston.
It is a common belief that it's better to have your big meal earlier in the day. Scheer pointed to the popular advice to eat breakfast like a king and dinner like a pauper. But there hasn't been much scientific evidence that the timing of your main meal matters in the battle of the bulge.
"This is the first large-scale, long-term study to show that it is an important factor in weight-loss success for overweight and obese individuals," Scheer said.
It's uncertain why a late lunch would be related to slower weight loss. One possibility, though, is that at least some late lunchers were going too long between meals, which might have effects on metabolism. 

2. mengenakan alas kaki dengan benar

iya, dalam beberpa kondisi memang berjalan tanpa alas kaki adalah bagus dan menyehatkan. namun, secara umum maka berjalan dengan alas kaki adalah menyehatkan. dalam situs ini http://www.kompasiana.com/meldyelfa/tidak-benar-jalan-tanpa-alas-kaki-menyehatkan_56eadc2fa223bda017deefa9 disebutkan bahaya dari berjalan tanpa alas kaki. 

olahraga jalan kaki tanpa sendal akan menyehatkan jika medannya sesuai dan tidak memiliki penyakit khusus. hal ini jarang diketahui oleh banyak orang.

3. melepaskan diri dari hutang

lilitan hutang memang menjadi beban pikiran yang mengganggu pikiran. hidup tanpa hutang akan menjadi ringan. hanya saja tidak semua orang bisa hidup normal tanpa hutang. ketegaran mental dan kedewasaan pikiran menjadi penyeimbang bagi beban hutang. setidaknya pertahankan kehidupan yang lebih baik. 

4. mempersedikit hubungan sex

hubungan sex selain menjadi kebutuhan dan memiliki banyak manfaat, namun perlu diperhatikan batasan-batasanya supaya tidak mengakibatkan kerugian bagi kesehatan kita.

inilah rankuman dari faktor umur panjang. cermatilah hal-hal diatas dan hindarilah faktor-faktor merugika maka kalian akan hidup lebih lama. 

nilai kehidupan kita bukan dari lamanya dan panjangnya kita hidup, namun dari bagaimana kita menjalani kehidupan. jalanilah kehidupan dengan bijaksana. 


Comments

Popular posts from this blog

2 Alasan Untuk Minum Sambil Berdiri Di Siang Hari

5 Cara Meredakan Sakit Kepala

4 Resep Supaya Sehat Selalu